Home » » Perjalanan Abadi

Perjalanan Abadi

Written By Unknown on Minggu, 09 April 2017 | 09.01


PERJALANAN ABADI

Hidup di dunia yang penuh tipu daya ini hanyalah sementara, kehidupan yang sesungguhnya dimulai ketika kematian datang menjumpai kita disitulah awal  kehidupan sesungguhnya yang kekal abadi, manusia akan melewati beberapa fase perjalanan dan ini sekaligus  sebagai bahan renungan bagi kita semua yaitu perjalanan abadi menuju kehadapan Allah SWT  :

1.       Alam kubur
awal persinggahan menuju ke akhirat. Ia merupakan lubang neraka bagi orang kafir dan orang munafik, namun merupakan taman bagi orang mukmin. Ada siksa dalam kubur atas beberapa maksiat seperti tidak membersihkan diri dari air kencing, mengadu domba, berkhianat dalam hal rampasan perang, dusta, tidur melalaikan salat, tidak membaca al-qura’an, bezina, homo seksual, riba, tidak membayar hutang, dan sebagainya. Yang dapat menyelamatkan kita dari siksa kubur adalah : amal saleh yang ikhlas karena allah, membaca surat al-mulk dan sebagainya. Yang dilindungi allah dari siksa kubur adalah orang yang mati sahid, orang yang menjaga perbatasan dari musuh, orang yang meninggal pada hari jum’at, orang yang meninggal karena menderita sakit perut, dan sebagainya.

2.       Tiupan sangkakala
Ialah sangkakala besar yang dikulum oleh israfil, menunggu kapan diperintahkan untuk meniupnya yaitu : tiupan faza’ ( kematian ) berdasarkan firman allah SWT dalam surat an-Naml ayat 87 yang artinya : “ dan ( ingatlah ) hari ( ketika ) ditiup sangkakala , maka terkejutlah segala yang dilangit dan dibumi, kecuali siapa yang dikehendaki allah. “
Maka hancurlah alam semesta . kemudian setelah empat puluh masa ditiuplah dengan tiupan ba’ats ( kebangkitan ) , berdasarkan firman allah SWT dalam surat az-zumar ayat 68 yang artinya : “ kemudian ditiupkan sangkakala itu sekali lagi maka tiba –tiba mereka berdiri menunggu ( putusannya masing-masing ).
3.       Hari kebangkitan
Kemudian allah menurunkan hujan, maka tumbuhlah jasad-jasad ( dari sebiji tulang pangkal ekor ) dan menjadi ciptaan baru yang tidak mati. Mereka dibangkitkan dalam keadaan tidak beralas kaki dan tidak berpakaian. Mereka dapat melihat malaikat dan jin. Dibangkitkan sesuai amal perbuatan masing-masing.

4.       Padang mahsyar
Allah SWT mengumpulkan semua makhluk untuk dihisab. Mereka semua berada dalam kondisi ketakutan seperti orang mabuk, pada hari yang agung masanya setara dengan lima puluh ribu tahun di dunia. Seakan-akan dunia ini hanya sesaat saja; matahari menjadi dekat sejauh satu mil dan manusia tenggelam dalam keringat mereka sesuai dengan amal perbuatan mereka . pada hari itu terjadi perseteruan antara orang-orang yang lemah dan para pembesar mereka ( ketika di dunia).orang kafir berseteru dengan sesamanya,dengan setannya dan dengan anak buahnya dan mereka saling melaknat . orang yang zhalim akan menggigit kedua tangannya . neraka jahanam pun akan didatangkan , ia ditarik dengan tujuh puluh ribu tali kekang, setiap tali kekang ditarik tujuh puluh ribu malaikat. Jika orang kafir melihatnya , ia berharap menjadikan dirinya tebusan atau menjadi debu. Adapun para pelaku maksiat, maka orang yang tidak membayar zakathartanya dijadikan lempengan api lalu ia disetrika dengannya, sedang orang-orang yang sombong dan angkuh, mereka dikumpulkan bagaikan semut. Para pelanggar janji, penghianat, dan perampas harta orang lain akan diungkapkan kejahatannya.dan pencuri datang dengan barang curianny, segala sesuatu yang tersembunyi akan ditampakan. Adapun orang-orang yang bertakwal hal itu tidak menjadikan mereka takut, bahwa hal itu berlalu bagaikan shalat zhuhur.

5.       Syafa’at
Syafa’at uzzhma ( agung ) khusus bagi nabi kita muhammad SAW untuk semua umat  manusia pada hari mahsyar agar dibebaskan dari mala petaka yang hebat dan segera dihisab. Adapun safa’at ‘ammah ( umum ) adalah bagi nabi muhammad SAW dan selain beliau , seperti mengeluarkan orang-orang beriman dari neraka dan mengangkat derajat mereka.

6.       Hisab
Manusia dihadapkan kepada rabb mereka dengan bersaf-saf pertanggung jawabannya. Begitu pula tentang umur, masa muda, harta benda, ilmu, janji, kenikmatan, pendengaran, penglihatan dan hati. Orang kafir dan munafik, akan menegakkan hujjah atas mereka dan agar manusia, bumi, hari, dan malam,harta benda, malaikat, dan seluruh anggota badan menjadi saksi atas diri mereka sehingga terbukti dosa-dosa mereka dan mereka pun mengakuinya, sedangkan orang-orang mukmin, allah akan mehisabnya secara berduaan dengannya, maka allah akanmemberitahukan kepadanya segala dosanya dan ia pun akan mengakuinya, sehingga ketika ia melihat dirinya pasti akan binasa, allah berfirman kepadanya : “aku telah menutupi dosa-dosamu itu di dunia dan aku mengampuninya bagimu pada hari ini. “
Umat yang pertama kali dihisab adalah umat muhammad SAW dan amalan yang pertama kali dihisab adalah shalat, sedangkan hukum yang pertama kali diputuskan adalah perkara pertumpahan darah.

7.       Catatan amal
Kemudian catatan amal pun dibagikan, maka mereka menerima suatu kitab yang “ tidak meninggalkan sesuatu kecil dan tidak ( pula ) sesuatu besar, melainkan ia mencatat semuanya. “ (Al-kahfi:49 )
Orang mukmin menerimanya dengan tangan kanan sedangkan orang kafir dan munafi  menerimanya dengan tangan kiri dari belakang punggungnya.

8.       Mizan ( neraca )
Kemudian amal perbuatan semua makhluk ditimbang untuk diberikan kepada mereka balasanya, dengan timbangan yang hakiki dan teliti sekali. Neraca ini memiliki dua piringan, menjadi berat dengan amal-amal perbuatan yang sesuai dengan syariat dan ikhlas karena allah SWT. Diantaranya ucapan “ laa ilaaha illallah “ ( tiada tuhan yang hak selain allah ) , akhlak yang baik serta dzikir seperti bacaan “ subhanallahhil adzim “ ( maha suci allah yang puji untuk-Nya maha suci allah yang maha agung ) . umat manusia menerima putusan sesuai dengan kebaikan dan kejelekan mereka.

9.       Haudh ( telaga )
Kemudian orang-orang mukmin mendatangi haudh ( telaga ) siapa meminum darinya maka tidak akan pernah haus selamanya, setiap nabi memiliki haudh ( telaga ), yang paling agung adalah haudh Nabi Muhammad SAW. Airnya lebih putih dari susu, lebih manis dari madu dan lebih wangi dari minyak kasturi. Bejananya terbuat dari emas dan perak dan jumlahnya seperti bilangan bintang, panjangnya lebih jauh jarak antara kota ailah di yordania dan kota aden di yaman, airnya mengalir dari sungai al-kautsar.

10.      ujian bagi kaum mukminin
pada hari akhir di padang mahsyar, orang-orang kafir mengikuti tuhan-tuhan yang mereka sembah, lalu menghantantarkan mereka keneraka berbondong-bondong seperti kawanan binatang ternak, diatas kaki-kaki mereka atau diatas wajah-wajah mereka.tidak ada yang tersisa kecuali orang-orang mukmin dan munafik. kemudian datanglah allah SWT kepada mereka dan berfirman : “apa yang kalian tunggu ?” mereka menjawab : : kami menunggu rabb kami “maka mereka mengetahui-Nya ketika betisnya disingkap. lalu mereka bersimpuh sujud kecuali orang-orang munafik.
allah SWT berfirman : “pada hari betis disingkapkan dan mereka dipanggil untuk bersujud, maka mereka tidak kuasa. “ ( al-Qalam : 42 )
lalu mereka mengikuti rabb mereka, diapun membentangkan shirath ( titian ) untuk mereka lewati. orang-orang mukmin pada saat itu diberi cahaya oleh-Nya sedangkan cahaya orang-orang munafik dipadamkan.

11.     shirath ( titian )
berupa jembatan yang membentang diatas neraka jahanam untuk dilewati oleh orang-orang mukmin menuju surga. nabi muhammad SAW mengambarkan bahwa shirath itu : “ licin dan menggelincirkan, disana terdapat kait-kait seperti duri-duri pohon sa’dan, lebih tipis dari rambut dan lebih tajam dari pedang “ ( HR.Muslim )
ditempat inilah orang-orang mukmin diberikan cahaya sesuai dengan amal perbuatan mereka yang paling tinggi dari mereka cahayanya seperti gunung dan paling rendah dari mereka cahayanya terdapat pada ujung jempol kakinya. cahaya itu menyinari mereka sehingga mereka melewati shirath sesuai dengan amal perbuatan mereka, ada orang mukmin yang melewati shirath secepat kedipan mata,ada yang secepat kilat, ada yang secepat angin, ada yang secepat burung,ada pula yang secepat kuda pilihan terbaik,dan secepat unta tunggangan. “ ada yang selamat tanpa cacat,ada yang tergores namun selamatdan ada pula yang terjatuh kedalam neraka jahanam “ ( Muttafaq alaih )
adapun orangorang munafik, mereka tidak mendapatkan cahaya, maka mereka pun kembali, namun berdirilah pagar pemisah antara mereka dan orang-orang mukmin, lalu mereka menyebrangi shirath, makasatu persatu dari mereka berjatuhan kedalam api neraka.

12.     neraka
masuk kedalam neraka orang-orang kafir. kemudian orang-orang mukmin berdosa, kemudian orang-orang munafik, dari setiap seribu orang yang masuk 999 orang, neraka mempunyai tujuh pintu. apinya lebih panas  tujuh puluh kali dari api dunia, tubuh orang kafir didalam neraka menjadi besar agar merasakan pedihnya siksaan. maka jarak antara kedua pundaknya menjadi sejauh perjalanan tiga hari,gigi gerahamnya sebesar gunung uhud, kulitnya menjadi tebal, setiap kali kulitnya itu hangus digantikan dengan kulit lain, supaya mereka merasakan siksaan. minuman mereka adalah air yang sangat panas sehingga mencabik-cabik usus mereka, makanan mereka adalah buah zaqqum ( sejenis pohon yang tumbuh dineraka ),ghislin( darah dan nanah yang keluar dari penghuni neraka ), dan shadid ( darah yang becampur dengan nanah ). yang paling ringan siksaannya adalah orang yang kedua telapak kakinya beralasan bara api sehingga otaknya mendidih. dalam neraka terdapat pembakaran kulit, pelelehan, penghangusan, penyeretan, belenggu dan rantai. neraka dasarnya sangat dalam sekali, sekiranya anak bayi yang baru lahir dilemparkan kedalamnya, setelah tujuh puluh tahun baru mencapai dasarnya. bahan bakarnya adalah orang-orang kafir dan batu, udaranya adalah angin yang sangat panas, naunganya adalah asap yang hitam pekat, pakaiannya adalah api yang memakan segala sesuatu tanpa meninggalkan sisa. ia menggeram, bergemertak dan membakar kulit sampai ketulang dan jantung.

13.     Qantharan ( jembatan )
nabi muhammad SAW bersabda : "orang-orang mukmin selamat dari neraka namun mereka ditahan  diatas qantharan ( jembatan ) antara surga dn neraka, maka ada diantara mereka dipotong kebaikannya dan diberikaan kepada orang lain karena kezhaliman yang dilakukannya ketika di dunia. setelah dibersihkan dan disucikan dari itu semua, mereka pun diizinkan untuk masuk surga. demi allah SWT yang jiwanya muhammad berada di tangan-Nya, sungguh salah seorang dari mereka lebih mengetahui rumahnya di surga daripada rumanya ketika didunia. (HR.Al-Bukhari )

14.     Surga
adalah tempat kediaman bagi orang-orang mukmin. bangunannya terbuat dari perak dan emas, adukannya dari minyak kasturi, kerikilnya dari mutiara dan batu permata dan debunya dari za'faran, surga mempunya delapan pintu. setiap pintu tersebut penuh sesak. disurga terdapat seratus tingkatan, jarak antara tingkatan dan tingkatan lainnya sepertijarang antara langit dan bumi, tingkatan yang paling tinggi adalah firdaus, dari firdaus inilah mengalir sungai-sungai surga.atap dari firdaus ini adalah arsy ar-rahman.
sungai-sungai surga adalah madu, susu, khamr, dan air yang mengalir tanpa arus. orang mukmin mengalirkannya dengan sekehendak hati. buahnya tiada henti, dapt dipetik dari dekat dan mudah. di surga terdapat tenda berongga yang terbuat dari mutiara, lebaarnya enam puluh mil, pada setiap sudut ada penghuninyaa, mereka itu mulus tubuhnya, tidak bebulu, tidak berkumis dan mata mereka seakan-akan memakai celak, tetap terjaga kemudaan mereka dan tidak binasa pakaian mereka. mereka tidak buang air kecil dan besardan juga tidak kotor. sisir mereka terbuat dari emas dan keringat mereka bagaikan minyak kasturi, bidadari surga semuanya cantik jelita, perawan, penuh cinta kasih dan umur mereka sebaya. yang pertama masuk surga adalah nabi muhammad SAW dan para nabi. ahli surga yang paling rendah tingkatanya adalah orang yang berangan-angan sesuatu lalu diberi sepuluh kali darinya. para pelayan surga adalah anak-anak muda yang tetap muda mereka bagaikan mutiara yang bertaburan. adapun nikmat surga yang paling agung adalah melihat allah SWT dan keridhaan-Nya, serta keabadian. artikel ini dikutip dari tafsir Al-USYR Al-Akhir dari Al Qur'an Al-karim juz ( 28,29,30 )


Thanks to slametendang214.blogspot.com


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Sukses Dunia Akhirat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger